MAHASISWA MAGISTER PIAUD IKUTI INTERNATIONAL CONFERENCE

Salah satu pengalaman belajar yang ditekankan di Program Studi Magister Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) adalah pengalaman dalam mengikuti kegiatan akdemik berskala internasional. Dari sinilah, Program Studi Magister PIAUD kemudian membuat skema tetap bahwa setiap semester sekali mahasiswa harus mengikuti konferensi internasional dengan posisi sebagai presenter. Dengan sebagai presenter, maka mahasiswa akan menyampaikan ide-gagasan atas hasil riset yang telah dilakukan pada audiens. Hasilnya, artikel hasil riset ini kemudian dipublikasikan di prosiding internasional.

Dalam konteks inilah, pada Senin, 7 Oktober 2024, empat belas mahasiswa Magister PIAUD mengikuti konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Kajian Nusantara Raya UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Dalam kegiatan ini keikutsertaan mahassiwa Magister PIAUD akan dibagi dalam aktivitas akademik: (1) adalah diskusi panel yang menghadirkan para pemateri luar negeri dan mahassiwa Magister PIAUD akan hadir baik secara daring maupun luring untuk menyimak dan berdiskusi dalam sesi ini; (2) sesi presentasi dalam kelompok di mana setiap mahasiswa Magister PIAUD akan mempresentasikan hasil riset tekstual tentang anak usia dini yang telah dilakukan; dan (3) sesi publikasi artikel hasil riset mahasiswa Magister PIAUD dalam prosiding internasional.

Melalui keikutsertaan dalam konferensi internasional ini, diharapkan mahasiswa semakin meningkat pengetahuan akademiknya dan kompetensi dalam riset dan publikasi. Dengan cara ini, maka mahassiwa telah berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan pendidikan anak usia dini melalui hasil riset dan publikasi. Peran aktif inilah yang kemudian akan memberikan dampak positif pada Program Studi Magister PIUAD dalam hal kontribusi akademik dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan publikasi riset. Dengan peran mahasiswa ini keberadaan Program Studi Magister PIAUD bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Leave a Reply