Payungi Implementasi MoU,Pascasarjana UIN Saizu dan IICB KRIRK University Bangkok Tandatangani 3 MoA.

Pascasarjana UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto dan International Islamic College Bangkok (IICB) KRIRK University telah menandatangani tiga Memorandum of Agreement (MoA). Ini untuk memayungi dan memperkuat implementasi teknis dari Memorandum of Understanding (MoU).

MoU tersebut sebelumnya telah ditandatangani oleh rektor kedua universitas. “Acara penandatanganan tiga MoA berlangsung di KRIRK University, Bangkok, sebagai bagian dari upaya memperkuat kolaborasi akademik internasional,” terang Direktur Pascasarjana UIN Saizu Purwokerto, Profesor Moh Roqib.

Menurutnya, ketiga MoA tersebut meliputi program-program strategis, antara lain, Program Penelitian Bersama, Program Pengajaran Tim Internasional dan Pertukaran Dosen serta Program Pertukaran Mahasiswa. Penandatanganan dihadiri tokoh-tokoh penting dari kedua institusi.

 

Dari UIN Saizu Purwokerto, hadir Profesor Moh Roqib selaku Direktur Pascasarjana, Dr Atabik sebagai Wakil Direktur, serta Profesor Rohmat sebagai Ketua Program Studi S3. Hadir pula Dr Mohamad Sobirin, Direktur Kantor Internasional UIN Saizu sebagai saksi penandatanganan.

Dari pihak KRIRK University, MoA ditandatangani Profesor Jaran, Dekan IICB sekaligus Wakil Rektor KRIRK University. Untuk saksi Dr Chanidapa, Direktur Kantor Internasional KRIRK University, Dr Bandit dan Dr Smith selaku Wakil Dekan IICB. Hadir pula Profesor Parinya Prayadsap, Ketua Program Studi S3 IICB KRIRK.

Profesor Roqib menyatakan, penandatanganan MoA ini merupakan wujud nyata komitmen kedua institusi dalam mengembangkan kerja sama akademik yang lebih erat. “Kerja sama ini akan membuka banyak peluang baru bagi dosen dan mahasiswa kami untuk terlibat dalam kegiatan akademik internasional yang bermanfaat,” ungkapnya.

Program-program yang diatur dalam MoA ini dijadwalkan akan mulai berjalan pada awal 2025, memperkuat hubungan akademik antara UIN Saizu dan IICB KRIRK University, serta memperkaya pengalaman belajar dan mengajar bagi kedua institusi.

Berikut Tiga Program Strategis MoA

1. Program Penelitian Bersama

Kedua institusi bersepakat untuk melaksanakan proyek penelitian bersama dalam berbagai bidang studi, termasuk studi Islam, ilmu sosial, dan humaniora. Melalui kolaborasi ini, diharapkan terjadi peningkatan kualitas penelitian dan pertukaran pengetahuan antara dosen dan mahasiswa pascasarjana dari kedua belah pihak.

2. Program Pengajaran Tim Internasional dan Pertukaran Dosen

Selain pengajaran tim, MoA ini juga mencakup program pertukaran dosen dalam bentuk guest lecturer dan visiting scholar. Dosen dari UIN Saizu dan IICB akan berpartisipasi sebagai pengajar tamu atau peneliti kunjungan di masing-masing institusi, memperkaya wawasan akademik dan memperdalam kolaborasi dalam pendidikan Islam dan studi budaya.

3. Program Pertukaran Mahasiswa

Dalam rangka mendukung pengembangan akademik dan pemahaman lintas budaya, kedua institusi menyetujui program pertukaran mahasiswa. Mahasiswa pascasarjana dari UIN Saizu dan IICB akan mendapatkan kesempatan belajar selama satu semester di kampus mitra, mendapatkan pengalaman akademik dan budaya yang berharga. (AR/NS)

UIN Saizu Maju, UIN Saizu Unggul!!!

#uinsaizu #uinsaizupurwokerto #uinsaizumaju #uinsaizumaju #uinsaizuunggul #purwokerto #kampushijau


https://uinsaizu.ac.id/payungi-implementasi-mou-pascasarjana-uin-saizu-dan-iicb-krirk-university-bangkok-tandatangani-3-moa-1185

 

Leave a Reply