Awali Program Visiting Lecturer,Pascasarjana UIN Saizu dan IICB KRIRK University Adakan Sharing Session Studi Islam

Pascasarjana UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto (UIN Saizu) dan Pascasarjana International Islamic College Bangkok (IICB) KRIRK University menggelar sharing session seputar studi Islam. Kegiatan melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa Pascasarjana IICB KRIRK University.

Direktur Pascasarjana UIN Saizu Purwokerto, Profesor Moh Roqib menyampaikan, sharing session tersebut dalam rangka mengawali implementasi kolaborasi akademik kedua lembaga. “Ini merupakan bagian dari Program Visiting Lecturer yang diinisiasi oleh kedua institusi,” ujarnya, Kamis (10/10/2024).

Menurutnya, hal itu bertujuan untuk memperkuat pertukaran ilmu pengetahuan dan pengalaman akademik. Sharing session ini menghadirkan dosen-dosen dari UIN Saizu Purwokerto yang berkunjung ke IICB sebagai pengajar tamu, serta diikuti oleh beberapa mahasiswa Pascasarjana IICB.

Dalam sesi tersebut, topik-topik yang dibahas meliputi berbagai aspek studi Islam kontemporer, khususnya terkait manajemen haji umroh, manajemen keuangan islam, pengembangan bahasa Arab, harmonisasi lintas agama bagi mahasiswa, hingga tantangan dan peluang pengembangan ilmu keislaman di era kekinian.

Lebih lanjut Profesor Roqib menjelaskan, acara ini memberikan kesempatan bagi para dosen dan mahasiswa kedua lembaga, kedepannya untuk saling berbagi wawasan terkait pendekatan-pendekatan baru dalam studi Islam. Ini menjadi kesempatan berharga untuk memperluas wawasan akademik dosen.

“Melalui diskusi seperti ini, kita bisa menggali lebih dalam perspektif yang berbeda tentang bagaimana Islam dipelajari dan diajarkan di berbagai belahan dunia. Termasuk seperti di IICB KRIRK University yang beragam sekali latar belakang mereka namun bisa harmonis,” harapnya.

Dari IICB KRIRK University, beberapa jajaran dekanat dan prodi di IICB KRIRK University, turut hadir dalam sesi tersebut. Mereka menegaskan pentingnya program seperti ini untuk mendukung perkembangan akademik di bidang studi Islam di kampusnya.

Dr Bandit selaku Wakil Dekan menyampaikan kolaborasi dengan UIN Saizu Purwokerto ini memberikan nilai tambah yang besar, khususnya dalam memperkaya pengalaman kami di IICB. “Kami dapat belajar langsung dari perspektif para akademisi Indonesia,” jelasnya.

Sesi ini dihadiri pula Dr Atabik selaku Wakil Direktur Pascasarjana UIN Saizu, dan Profesor Rohmat, Ketua Program Studi S3 UIN Saizu. Dari pihak IICB, turut hadir Dr Chanidapa, Direktur Kantor Internasional KRIRK University, serta beberapa dosen dan mahasiswa Pascasarjana IICB yang aktif berpartisipasi dalam diskusi.

Program Visiting Lecturer ini akan dilanjutkan dengan sesi-sesi lanjutan yang melibatkan pengajar tamu dari kedua institusi, baik di UIN Saizu maupun di IICB KRIRK University, guna mendukung pertukaran pengetahuan yang lebih mendalam dan berkesinambungan di masa mendatang. (AR/NS)

UIN Saizu Maju, UIN Saizu Unggul!!!

#uinsaizu #uinsaizupurwokerto #uinsaizumaju #uinsaizumaju #uinsaizuunggul #purwokerto #kampushijau


https://uinsaizu.ac.id/awali-program-visiting-lecturer-pascasarjana-uin-saizu-dan-iicb-krirk-university-adakan-sharing-session-studi-islam-1184

Leave a Reply