Marhamah | Magister ke-7

Marhamah, Perempuan kelahiran Banjar-Ciamis 6 Maret 1974, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Rabu 11 Februari 2015 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni STAIN Purwokerto tahun 1999 ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 6 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Manajemen Pengembangan Bakat dan Minat Siswa MI Ma’arif NU 1 Pageraji dan MI Darul Hikmah Kab. Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014.. Hasil Penelitiannya menunjukkan: manajemen pengembangan bakat dan minat siswa di MI Ma’arif NU 1 Pageraji dan MI Darul Hikmah dilakukan melalui 4 proses, yaitu (1) tahap perencanaan program pada awal tahun pelajaran serta mengidentifikasi bakat yang dimiliki siswa; (2) tahap pengorganisasian dengan melalui identifikasi tujuan, penyeleksian, serta mengorganisasikannya menggunakan angket; (3) tahap pelaksanaan melalui kegiatan ektrakurikuler dan intrakurikuler; (4) tahap evaluasi melalui pengamatan langsung. Faktor yang mempengaruhi manajemen pengembangan bakat dan minat siswa MI Ma’arif NU 1 Pageraji dan MI Darul Hikmah, yaitu : Faktor pendukung internal, yaitu pembina dan penanggungjawab yang berkompeten, adanya kebersamaan dari seluruh elemen yang terkait, motivasi guru-guru dalam pelaksanaan kegiatan, serta terprogramnya kegiatan dalam RAPBM. Faktor pendukung eksternal, yaitu adanya input peserta didik dalam jumlah banyak, dukungan dari wali murid baik secara materi maupun motivasi. Faktor penghambat internal, yaitu belum adanya panduan baku kegiatan ekstrakurikuler, peralatan ataupun fasilitas yang belum memadai, waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang maksimal, serta kurang disiplinnya siswa dalam mengikuti kegiatan. Faktor penghambat eksternal, yaitu banyak waktu libur sehingga gerakan siswa seni tari banyak yang lupa, untuk kegiatan seni lukis, kendalanya ketika pelatih tidak hadir, kendala yang dihadapi dalam kegiatan hadroh yaitu jika alat yang digunakan untuk berlatih mengalami kerusakan.

Di bawah bimbingan Dr. H. Suwito, M.Ag. & Dr. H. M. Hizbul Muflihin, M.Pd. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. Hj. Nita Triana, M.Si., 3) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 4) Dr. Hartono, M.Si. dinyatakan lulus dengan predikat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) — dinyatakan sebagai Magister ke 7 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar