Sulfan Muslim | Magister ke-143

Sulfan Muslim, Pria kelahiran Purbalingga 30 Mei 1975, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari ini Rabu 14 Juni 2017 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 Universitas Wijayakusuma Purwokerto dan Guru di MTs Ma’arif NU 12 Arenan ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 5 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Entrepreneurship di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. Penelitiannya menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga dalam mengembangkan entrepreneurship dengan cara a) Berorientasi pada masa depan, yaitu dengan penggunaan kurikulum advanced level khusus mata pelajaran bahasa inggris, karena bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional dan harus dikuasai oleh peserta didik untuk bekal menghadapi masa depan; b) Berani mengambil resiko, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga berani mengambil kebijakan untuk meminjam uang kepada pihak ketiga yaitu pihak bank untuk mengembangkan sarana dan prasarana sekolah pada awal kepemimpinan berdasarkan perhitungan yang cermat dan hasilnya sangat memuaskan; c) Berorientasi pada tugas dan hasil yaitu dengan hadir lebih awal pulang akhir, mementingkan dan mengutamakan kepentingan sekolah, melaksanakan renstra sekolah dengan sebaik-baiknya; d) Memiliki jiwa kepemimpinan yaitu dengan cara menggerakan semua elemen sekolah untuk bekerja dengan profesional; e) Percaya diri dengan cara melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya dan selalu bersikap positive thinking; f) Keorisinalan dengan cara kepala sekolah melaksanakan sistem bilingual untuk prakerin, mengembangkan bussiness center, bank tabungan muhammadiyah (BTM), koperasi sekolah, kantin sekolah, jasa pelayanan servis dan desain grafis, penjualan laptop dan komputer.

Di bawah bimbingan Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 3) Dr. Fauzi, M.Ag., 4) Dr. H. M. Najib, M.Hum. dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,40 dinyatakan sebagai Magister ke 143 Pascasarjana IAIN Purwokerto.