Titi Maemunati | Magister ke-89

Titi Maemunati, Perempuan kelahiran Brebes 18 April 1986, Mahasiswa Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam, pada hari Selasa 10 Januari 2017 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 5 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Manajemen Budaya Sekolah di SMP Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Merupakan penelitian lapangan. Metode penelitian dalam penelitian adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Subjek dan Objek penelitian adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan Fungsi Manajemen Budaya Sekolah di SMP Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi : (1) Fungsi Manajemen yang meliputi (a) Perencanaan (b) Pengorganisasian (c) Penggerakan (d) Pengawasan dan Evaluasi. (2) budaya sekolah di SMP Islam Ta’alluml Huda Bumiayu  yang meliputi (a) budaya akademik, (b) budaya non akademik. Hasil penelitian Implementasi Fungsi Manajemen Budaya Sekolah di SMP Islam Ta’allumul Huda Bumiayu yaitu Perencanaan yang meliputi : (1) identifikasi kebutuhan (2) rumusan program (3) penyusunan program (4) penetapan program (5) evaluasi program. Pengorganisasian yang meliputi : (1) Penyusunan struktur kepengurusan, (2) Pembentukan kepengurusan, (3) Penentuan pembagian tugas. Penggerakan/Pelaksanaan meliputi : (1) perwujudan budaya akademik, (2) perwujudan budaya non akademik, (3) perwujudan budaya sekolah lewat kebiasaaan, (4) pembinaan dan pengarahan terhadap pembiasaan budaya sekolah. Pengawasan dan evaluasi yang meliputi pengawasan secara internal dan eksternal. Budaya sekolah yang ada di SMP Islam Ta’allumul Huda Bumiayu yaitu budaya akademik meliputi (1) budaya sekolah kedisiplinan akademik, (2) budaya sekolah  kejujuran, (3) budaya sekolah keagamaan, (4) budaya sekolah memberi penghargaan / reward bagi warga madrasah yang berprestasi; (5) budaya sekolah kegemaran membaca, dan (6) budaya sekolah motivasi belajar. Budaya non akademik meliputi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler.

Di bawah bimbingan Dr. Maria Ulpah, M.Si. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 3) Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd., 4) Dr. Suparjo, M.A. dinyatakan lulus dengan predikat Amat Baik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,63 dinyatakan sebagai Magister ke 89 Pascasarjana IAIN Purwokerto.