Wuri Pujawati | Magister ke-148

Wuri Pujawati, Perempuan kelahiran Palembang 19 September 1990, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Guru di SMP Muhammadiyah 01 Purwokerto, pada hari ini Rabu 21 Juni 2017 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 Institute Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 6 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) Dari komponen context, perumusan visi, misi, tujuan program pendidikan karakter sudah kategori baik, maka dari komponen context visi, misi dan tujuan untuk dilanjutkan/diteruskan; 2) Dari komponen Input, menunjukkan bahwa input guru, siswa, kurikulum, serta sarana prasarana sudah kategori baik. Sedikit catatan pada input guru bahwa semua guru memiliki karakter yang baik, namun tidak semuanya dapat mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada siswanya, pada input siswa bahwa belum semua siswa memiliki dasar agama yang baik dan belum dapat memahami hak-hak guru, untuk sarana prasarana pada indikator sarana pendukung yaitu perpustakaan belum sesuai dengan standard; 3) Dari komponen Process, dari pembentukan karakter yang terintegrasi dengan mata pelajaran, pembentukan karakter yang terpadu dengan manajemen sekolah. Pembentukan karakter yang terpadu dengan kegiatan Ekstra Kurikuler, semua sudah dalam kategori baik, maka dari komponen proses untuk dilanjutkan/diteruskan; 4) Dari komponen Product, program sudah berjalan dengan baik, nilai-nilai pendidikan karakter sudah mulai berkembang dalam diri peserta didik, namun belum semua nilai-nilai pendidikan karakter dapat membudaya dalam diri peserta didik.

Di bawah bimbingan Dr. H. Rohmad, M.Pd. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 3) Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd., 4) Dr. Hartono, M.Si. dinyatakan lulus dengan predikat Pujian dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,80 dinyatakan sebagai Magister ke 148 Pascasarjana IAIN Purwokerto.