Askini Khairunnisa | Magister ke-161

Askini Khairunnisa, Perempuan kelahiran Brebes 17 Juli 1980, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam konsentrasi Supervisi Pendidikan Islam, pada hari Selasa 8 Agustus 2017 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 STAIN Cirebon ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 4 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Pengaruh Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Darunnajat Bumiayu Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah tenaga pendidik MA Darunnajat Bumiayu yang berjumlah 37 orang dan peserta didik sebanyak 431 orang. Seluruh tenaga pendidik menjadi populasi dalam penelitian ini untuk variable kepemimpinan kharismatik kepala madrasah, dan dari seluruh peserta didik diambil 37 orang sebagai sampel untuk variable kinerja guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analsis data menggunakan analisis kuantitatif. Untuk menguji pengaruh kepemimpinan kharismatik kepala madrasah terhadap kinerja guru menggunakan regresi sederhana yang kemudian dikuatkan dengan analisis kualitatif. Hasil analisis mengungkapkan bahwa kepemimpinan kharismatik kepala madrasah berpengaruh kuat terhadap kinerja guru sebesar 96,5%. Artinya semakin kuat kepemimpinan kharismatik kepala MA Darunnajat Bumiayu Brebes diikuti semakin kuat pula kinerja guru di masdrah tersebut. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa 96,5% kinerja guru MA Darunnajat Bumiayu Brebes dipengaruhi oleh kepemimpinan kharismatik kepala madrasah. Kepemimpinan kharismatik kepala MA Darunnajat berada pada kategori cukup yang diikuti oleh kinerja guru yang juga berada pada kategori cukup.

Di bawah bimbingan Dr. Maria Ulpah, M.Si. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd., 3) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 4) Dr. H. Rohmad, M.Pd. dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,74 dinyatakan sebagai Magister ke 161 Pascasarjana IAIN Purwokerto.