Muhammad ‘Ulyan | Magister ke-272

Muhammad ‘Ulyan, Pria kelahiran —, Mahasiswa Program Studi -Pendidikan Agama Islam, pada hari —- mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni —- ini berhasil menyelesaikan masa studi selama — semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Dekonstruksi Mitos Kanjeng Ratu Kidul dalam Pendidikan Akidah Perspektif KH. Ibnu Fajar Sholeh Pranolo (1942 M – sekarang (2017)). Hasil Penelitian ini dekonstruksi dilakukan dengan tiga proses yaitu identifikasi logosentris, pembalikan kontradiksi internal dan differance atau pembentukan konstruksi baru. Proses identifikasi tanda-tanda atau logo yang mengarah pada ide dasar baik secara fisik maupun pemaknaannya. Setelah itu, hasil identifikasi tersebut dibandingkan secara kontras dan muncul makna baru yang berbeda 180°. Dalam konteks ini, KH. Ibnu Hajar mengidentifikasi bahwa Kanjeng Ratu Kidul adalah makhluk seperti manusia yang diberi amanat sebagai Auliya’. Ada tanda lafal Allah pada mahkotanya. Perbandingan secara kontras dilakukan bahwa Kanjeng Ratu Kidul bukanlah penguasa yang harus diberikan sesaji dalam bentuk labuhan dan larungan. Keyakinan tersebut membentuk konstruksi tauhid yang baru dan sesuai dengan ajaran Islam.

Di bawah bimbingan Dr. H. Suwito, M.Ag. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. H. Rohmad, M.Pd., 3) Dr. Fauzi, M.Ag., 4) Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag. dinyatakan lulus dengan predikat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) — dinyatakan sebagai Magister ke 272 Pascasarjana IAIN Purwokerto.