Sangadah | Magister ke-359

Sangadah, Perempuan kelahiran —, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Selasa, 23 Oktober 2019 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 IAIN Purwokerto tahun 2012 ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 8 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Agrobisnis di Pondok Pesantren Nurul Huda Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Hasil Penelitiannya menunjukkan: Pertama, manajemen penelitian kewirausahaan agrobisnis di Pondok Pesantren Nurul Huda sudah sesuai fungsi dalam teori manajemen yakni meliputi: 1) Perencanaan: para asatidz terjun langsung dalam merencanakan apa yang akan diajarkan kepada para santri dalam rapat, selain itu dewan asatidz yang mengajar juga menginventarisir kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mendukung proses KBM; 2) Pengorganisasian: pemimpin pondok pesantren membagi job description pada setiap program pesantren, pemimpin membentuk departementalisasi yaitu pengelompokan aktivitas pekerjaan agar dapat diselesaikan secara serentak sesuai program masing-masing; 3) Penggerakan: pemimpim Pondok Pesantren senantiasa senantiasa melakukan dorongan terhadap para dewan asatidz dan pengurus yang terkait pelaksanaan program yang ada di pesantren agar dalam melaksanakan tugas dapat berjalan dengan baik. Selain itu, juga mengkomunikasikan segala program yang ada kepada pemimpin pesantren sehingga tercipta hubungan yang harmonis di berbagai pihak; 4) Pengawasan dan Evaluasi: Penilaian serta mengoreksi segala program kerja atau program pesantren. Kedua, Program pendidikan kewirausahaan agrobisnis dalam pembentukan jiwa entrepreneur santri di Pondok Pesantren Nurul Huda di antaranya adalah program seminar dan pelatihan, magang, dan program motivasi. Program tersebut diarahkan untuk membentuk jiwa wirausahawan muslim, meliputi: memiliki visi dan tujuan yang jelas, inisiatif dan selalu proaktif, berorientasi pada prestasi, kerja keras, bertanggung jawab, mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak, berani mengambil risiko, jujur, mempunyai tujuan jangka panjang, dan selalu berdoa kepada Allah.

Di bawah bimbingan Dr. Fauzi, M.Ag. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 2) Dr. Hj. Sumiarti, M.Ag., 3) Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 4) Dr. H. M. Hizbul Muflihin, M.Pd. dinyatakan lulus dengan predikat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) — dinyatakan sebagai Magister ke 359 Pascasarjana IAIN Purwokerto.