MAHASISWA MAGISTER PIAUD IKUTI STADIUM GENERAL

Selasa, 10 September 2024, sejak Pukul 08.00 Auiditorium UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto sudah ramai. Ratusan mahasiswa dengan memakai pakaian batik sudah memenuhi auditorium. Di banner paling depan langsung terlihat tajuk kegiatan yang akan diikuti oleh mahasiswa, yaitu Stadium General Mahasiswa Baru Pascasarjana.

Kegiatan Stadium General ini memang sudah menjadi kegiatan akademik rutin di Pascasarjana. Kegiatan dikhususkan untuk mahasiswa baru. Sebelum kegiatan perkuliahan dimulai, maka kegiatan stadium general dilakukan. Tujuannya adalah untuk membangun wacana akademik awal bagi mahasiswa sehingga mahasiswa bisa punya pengetahuan dan refleksi atas bidang keilmuan yang akan ditekuni.

Salah satu program studi yang mengikuti adalah Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD). Empat belas mahasiswa baru Magister PIAUD hadir semua dalam kegiatan tersebut. Mereka menyimak dengan baik atas penyampaian materi yang disampaikan oleh Dr. Bahrodin, dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas; Dr. Adun Priyanto, Alumnus Program Doktor Studi Islam UIN Saizu Purwokerto, dan Nokman Riyanto, M. Pd. Kepala SMP Negeri 4 Satu Atap, Purbalingga.

Selesai pemaparan materi, mahasiswa Magister PIAUD terlibat aktif dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab. Berbagai persoalan seputar dunia pendidikan, salah satunya pendidikan untuk anak usia dini dibahas dalam kegiatan tersebut. Mahasiswa Magister PIAUD pun mendapatkan pengetahuan, pemetaan akademik, hingga problematikan dalam pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini. Dasar inilah yang akan dikembangkan dalam kegiatan perkuliahan di Program Studi Magister PIAUD.

Selesai acara Stadium General ini dilanjutkan dengan pengenalan keprodian. Dalam hal ini, materi pengenalan keprodian disampaikan langsung oleh Dr. Heru Kurniawan, M. A. dan Ellen Prima, M. A.,  Ketua dan Sekretaris Program Studi Magister PIAUD. Pemateri memberikan pengetahuan terkait dengan dunia akademik dan nonakademik yang dikembangkan oleh Program Studi Magister PIAUD. Dengan pengenalan keprodian inilah, mahasiswa bisa memahami arah pengembangan program studi ke depannya.

Harapannya, dengan pengetahuan keprodian inilah, maka mahasiswa bisa aktif dalam belajar, serta bisa berperan aktif dalam mengembangkan dan memajukan program studi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.