Nur Ali Subhan | Magister ke-516

Nur Ali Subhan, Perempuan kelahiran Purbalingga, 23 Mei 1993, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, pada hari Selasa, 28 Januari 2020 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 IAIN Purwokerto ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 4 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Kidungan Masyarakat desa Kedungbenda Kec. Kemangkon Kab. Purbalingga. Tradisi memiliki sifat diwariskan dan mengakar dalam kehidupan masyarakat. Pentingnya menjaga tradisi terletak pada aspek nilai tradisi yang berdampak positif dalam kehidupan. Dalam perspektif pendidikan Islam, tradisi bernilai luhur apabila mengandung ajaran Agama Islam yang secara primer meliputi nilai ajaran akidah,  ibadah dan akhlak. Tradisi kidungan masyarakat Desa Kedungbenda merupakan tradisi warisan Sunan Kalijaga yang telah mengalami proses akulturasi nilai-nilai ajaran Islam. Secara teoritis tradisi kidungan mengandung nilai ajaran Islam yaitu tradisi kidungan sebagai materi pendidikan Islam dan sebagai metode pendidikan Islam. Namun dalam kerangka pemikiran masyarakat modern, tradisi kidungan yang berbentuk ritual tidak mendapatkan perhatian serta mereka lebih memilih untuk meninggalkan. Menarik dikaji secara mendalam tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam tardisi kidungan. Hal tersebut menjadi dasar upaya mengakomodasi dan melestarikan tradisi kidungan serta upaya untuk mengembangkan pendidikan Islam.

Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Kidungan masyarakat desa Kedungbenda, implikasi nilai-nilai pendidikan Islam tradisi kidungan dalam kehidupan masyarakat desa Kedungbenda serta aktualisai nilai-nilai pendidikan Islam tradisi kidungan dalam proses pendidikan Islam. Teknik penelitian menggunakan penelitan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, intervew, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data.

Hasil  dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa nilai-nilai Islam dalam tradisi kidungan masyarakat desa Kedungbenda meliputi nilai akidah   berupa Tauhid uluhiyah dan asma wa sifat, nilai ibadah berupa aktivitas dan fungsi tradisi kidungan sebagai doa, serta nilai akhlak terlihat dari tardisi kidungan sebagai wahana bersilaturahmi dan bersedekah. Impikasi nilai-nilai pendidikan Islam tradisi kidungan dalam kehidupan masyarakat desa Kedungbeda meliputi tardisi kidungan sebagai pemenuh kebutuhan spiritual, sebagai problem solving kehidupan, mengharmonisasikan kehidupan masyarakat, menumbuhkan nilai sosio-kultural, menumbuhkan kesalehan sosial dan bentuk kebudayaan luhur. Sedangkan Aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi kidungan meliputi materi pendidikan tauhid berbasis lokal wisdom, materi pendidikan akhlak kesalehan sosial, model tradisionalisme edukasi keberagamaan, dan model edukasi keberagamaan holistik.

Di bawah bimbingan Dr. Suparjo, M.A. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 2) Dr. Nawawi, M.Hum., 3) Dr. H. Munjin, M.Pd.I., 4) Dr. M. Misbah, M.Ag. dinyatakan lulus dengan predikat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) … dinyatakan sebagai Magister ke 516 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar