Teliti Penanaman Budaya Akademik Melalui Hipnoterapi, Ernawati sukses Raih Gelar Doktor Studi Islam pada Ujian Terbuka Doktor ke-43 Pascasarjana UIN Saizu

Purwokerto_ Pascasarjana UIN Saizu promosikan gelar Doktor Studi Islam ke-43 kepada Ernawati pada Senin (9/7/2024). Ernawati resmi menyandang gelar Doktor Studi Islam dengan hasil sangat memuaskan atas disertasinya yang berjudul “Penanaman Budaya Akademik Siswa Melalui Hipnoterapi (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Banyumas)”.

Dalam sidang yang diketuai Prof.Dr.H. Ridwan, M.Ag., yang sekaligus rektor UIN Saizu, Ernawati menyampaikan bahwa penelitiannya berangkat dari fenomena budaya akademik siswa di madrasah swasta di Kabupaten Banyumas yang cenderung masih rendah. Oleh karena itu, penelitian Ernawati bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak penanaman budaya akademik siswa melalui hipnoterapi di Madrasah Aliyah swasta di Kabupaten Banyumas, serta metode hipnoterapi yang digunakan untuk menanamkan budaya akademik melalui hipnoterapi di Madrasah Aliyah swasta di Kabupten Banyumas.

Penelitian yang berfokus pada terapi hipnoterapi dalam penanaman budaya akademik siswa ini dilakukan di empat sekolah madrash swasta di Kbupaten Banyumas yaitu MA Miftahussalam, MA Ma’arif NU 1 Kebasen, MA Ma’arif Hidayatul Mubtadiin, dan MA Muhammadiyah Pekuncen. Hasil penelitian yang dilakukan Ernawati mengungkapkan implementasi penanaman akademik siswa melalui hipnoterapi di Madrasah swasta di Kabupaten Banyumas dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu pengkodisian siswa, pemetaan siswa berdasarkan kriteria tertentu, review hasil pemetaan, dan tindakan hipnoterapi sebagai tindakan utama meliputi tahap pra-induksi, induksi, deeping, depth level test, termination, dan post hypnotic behavior.

Sedangkan hasil penelitian kedua menunjukkan dampak perlakukan hipnoterapi terhadap budaya akademik siswa madrasah swasta di Kabupaten Banyumas dengan adanya peningkatan cara beripikir, bersikap, dan berperilaku siswa dalam beberapa hal seperi penghargaan terhadap waktu untuk belajar dan berprestasi, nilai moran dan karakter tinggi, lebih berorientasi ke masa depan, berpikir kritis dan dinamis, serta kebiasaan membaca.

Sidang promosi doktor ke-43 ini dihadiri oleh rektor UIN Saizu Prof.Dr.H. Ridwan, M.Ag., sebagai ketua sidang dan Dr. Muh. Hanif, M.Ag., M.A. sebagai sekertaris sidang. Promotor disertasi Prof.Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag. dan co-promotor Prof. Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. Berindak sebagai penguji I adalah Prof.Dr. Moh. Roqib, M.Ag., penguji II Prof. Dr. H. Romad, M.Pd., Penguji III Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I dan penguji IV adalah Dr. Nurfuadi, M.Pd.I.

Leave a Reply