Benchmarking dan Studi Manajemen Pascasarjana UIN Mahmud Yunus Batusangkar di Pascasarjana UIN Saizu Purwokerto

Pascasarjana UIN Saizu menerima kunjungan Benchmarking dan Studi Manajemen Pascasarjana UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Tim yang dipimpin langsung Direktur Pascasarjana UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Dr. Adripen, M. Ag. itu diterima di Gedung Pascasarjana Lantai 1, Rabu – 22 Februari 2023.

Benchmarking tersebut dimaksudkan untuk studi banding pengelolaan program studi S-2 dan S-3 serta dalam rangka persiapan akreditasi program studi. Dalam kunjungan tersebut, tim Pascasarjana UIN Mahmud Yunus Batusangkar disambut langsung oleh Direktur Pascasarjana UIN Saizu, Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., jajaran kaprodi dan sekretaris prodi S-2 dan S-3 serta Kasubag AUK Fauziyah, S.H.I., M.H.

Direktur Pascasarjana UIN Saizu, Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan tentang pengelolaan kegiatan akademik program studi S-2 dan S-3, capaian akreditasi A/Unggul hingga capaian penerimaan mahasiswa program Beasiswa LPDP BIB Kementerian Agama. “Kekompakan dan sinergitas tim baik pimpinan, dosen, Kasubag, tenaga kependidikan dan mahasiswa memberikan efek yang besar dalam pencapaian prestasi dan pengelolaan program studi, baik S-2 dan S-3 terutama saat persiapan akreditasi program studi.” Inti sambutan yang disampaikan Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Adripen, M. Ag., Direktur Pascasarjana UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih dan rasa hormat kepada Direktur dan segenap jajarannya yang telah berkenan menerima kehadiran tim dengan hangat.

“Selain menjalin silaturrahim, kunjungan kami sesungguhnya adalah ingin belajar dan ingin menjalin kerja sama yang baik dengan Pascasarjana UIN Saizu, khususnya terkait pengelolaan dan pengembangan Program Studi. Bagi kami, kegiatan kunjungan di Pascasarjana UIN Saizu adalah momen yang sangat tepat mengingat berbagai pencapaian dan prestasi Pascasarjana UIN Saizu.” Demikian inti sambutan Dr. Adripen, M. Ag., Direktur Pascasarjana UIN Mahmud Yunus.

Setelah sambutan dari masing-masing perwakilan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Diskusi pun berlangsung harmonis dan hangat antara peserta yang hadir tampak antusias dalam bertukar pikiran, sharing pengalaman, dan sharing keilmuan terkait berbagai hal yang berhubungan dengan peningkatan dan pengembangan Program Studi yang ada di Pascasarjana.

Dr. Luthfi Hamidi, M.Ag., selaku kaprodi program S-3 juga turut serta dalam diskusi dan memberikan pengalaman terkait pengelolaan prodi S-3. “Ada beberapa hal yang menjadi konsen kami dalam tata kelola Program Doktor di Pasca. Yang kami lakukan melalui penguatan manajemen resiko. Khususnya dalam proses pelaksanaan  pelaksanaan pembelajan bagi mahasiswa.” Ucap Dr. Luthfi Hamidi, M.Ag. saat diskusi berlangsung.

Kegiatan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut diakhiri dengan doa, ramah tamah, dan penyerahan tanda mata dari kedua pihak.