Isti’anah | Magister ke-77

Isti’anah, Perempuan kelahiran Cilacap 15 Februari 1969, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Jum’at 2 September 2016 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 STAIN Purwokerto tahun 2012 ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 6 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Kebijakan Sekolah Dasar Islam di Kabupaten Cilacap dalam Pengembangan Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan tempat penelitian di SD Islam Plus Masyithoh Kroya dan SD Islam Terpadu Bina Anak Soleh Sampang. Subjek dan Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, komite sekolah, Guru Tahfiż, siswa dan wali siswa. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mengolah data dan melaporkan apa yang telah diperoleh selama penelitian berlangsung serta memberikan interprestasi terhadap data kedalam suatu kebutuhan yang utuh dengan mempergunakan kata-kata sehingga dapat mengunakan objek penelitian pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan sekolah dalam pengembangan pembelajaran tahfiż ini mulai berlaku mulai siswa menginjak kelas satu sampai kelas enam dengan target juz 30.Tenaga pendidik adalah khafizah lulusan pondok pesantren. Kelas 1-3 materinya surat An-Nas sampai Al-Balad sedangkankelas 4-6 materinya surat An-Naba. Pembeljaran diluar kelas dan didalam kelas. Materi yang digunakan adalah metode gabungan.Para siswa telah menguasai tahfiz sesuai target yang ditentukan, yakni hafal sampai juz 30. Dan bagi siswa/guru yang berprestasi akan diberi reward.

Di bawah bimbingan Dr. Maria Ulpah, M.Si. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 3) Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd., 4) Dr. Musta’in, M.Si. dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,37 dinyatakan sebagai Magister ke 77 Pascasarjana IAIN Purwokerto.