Irma Muspidawati | Magister ke-80

Irma Muspidawati, Perempuan kelahiran Bandung 12 Juni 1979, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Selasa 6 September 2016 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni Universitas Muhammadiyah tahun 2011 ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 8 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Evaluasi Program Pendidikan Akhlak (PPA) di Sekolah Menengah Atas Islam Teladan (SMA IT) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Program Pendidikan Akhlak (PPA) di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sudah sesuai dengan undang-undang dan konsep pendidikan dalam Islam dengan catatan: (1) Evaluasi konteks: perlu dicantumkan undang-undang tentang tujuan pendidikan akhlak agar bisa dipahami oleh semua pihak. (2) Evaluasi input: perlu peningkatan kualitas akhlak guru terkait dengan kepedulian lingkungan. Dari input siswa terkait dengan kedisiplinan siswa dalam hal melaksanakan peraturan sekolah perlu adanya standarisasi pemahaman peraturan sehingga siswa dapat memahami tujuan ditegakkannya peraturan, begitu juga efektifitas pengisian buku pantauan ibadah dan akhlak siswa. (3) Evaluasi proses: pelaksanaan PPA oleh siswa yaitu kegiatan program infak harian membutuhkan strategi yang jitu agar sukses melalui motivasi dan bakti sosial. Pelaksanaan PPA oleh guru berupa pendampingan siswa lebih diintensifkan terutama dalam hal pantauan dan kegiatan PPA yang belum melibatkan seluruh guru. (4) Evaluasi produk: Akhlak siswa secara umum itu sudah ternilai dengan baik tetapi belum memuaskan terutama dalam hal kedisiplinan, kepedulian lingkungan, sopan santun, percaya diri, dan kejujuran.

Di bawah bimbingan Dr. Fauzi, M.Ag. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 3) Dr. H. M. Hizbul Muflihin, M.Pd., 4) Dr. Hartono, M.Si. dinyatakan lulus dengan predikat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) — dinyatakan sebagai Magister ke 80 Pascasarjana IAIN Purwokerto.